Dinas Pemuda dan Olahraga

08 Maret 2021   465 kali  
DISPORA KONI DAN PRAMUKA SELARASKAN PERUNTUKAN DANA HIBAH PEMKAB
DISPORA  KONI DAN PRAMUKA  SELARASKAN PERUNTUKAN DANA HIBAH PEMKAB

Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Lumajang sebagai leading sektor atas penerima Dana Hibah dari Pemkab Lumajang yang penyalurannya untuk kegiatan Koni dan Pramuka  tahun anggaran 2021. Jum’at (5/3/’2021) bertempat di ruang pertemuan Dinas Pemuda dan Olahraga Jl. Gajah Mada No. I Stadion Semeru Lumajang  mengundang Koni serta Pramuka sebagai penerima dana hibah untuk membahas program pelaksanaan  kegiatan baik tahun 2020 maupun rencana anggaran tahun 2021. Plh. Kadispora Nugraha Yudha Mudiarto, S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris Dispora Heri Susanto, SH memimpin acara rapat koordinasi. Rapat koordinasi juga dihadiri para Kasi Kasubag dilingkungan Dispora juga Koni Lumajang yang dihadiri Ketua Koni Lumajang Ngateman, SH, beserta jajaran dari Pramuka hadir Sekretaris Pramuka Proyo Utomo,SH dan Bendahara Chandra Mardhiati.

Menurut Plh. Dispora Nugraha Yudha Mudiarto rapat kordinasi sangat penting untuk menjalin komunikasi dan informasi antara koni serta pramuka, sepanjang dana hibah itu dipergunakan tepat sasaran. Dalam penggunaan anggaran hibah Pemkab dapat dipertangung jawabkan dalam laporan yang akurat dan benar. Kita semua belajar dari prosedur dan aturan yang mengatur itu semua tidak ada istilah ngeyel-ngelyean ayo kita sama-sama mengantarkan atlet-atlet kita untuk meraih prestasi setinggi tingginya dan sukses disalam penyelenggaraan PORPROV VII 2022 mendatang, ujarnya. Yang terpenting kita harus mempersiapkan diri baik dari sarana prasarana olahraga, pembinaan peningkatan atlet berprestasi dan kesiapan kita sebagai salah satu Tuan rumah penyelenggara PORPROV. Kita tidak tahu Kabupaten Lumajang nantinya akan ditempati sebagai opening maupun clossingnya. Yang jelas sekarang ini arah kita mengarah kesana, jangan sampai kekurangan apa saja diajukan tahun ini mintanya anggaran mendadak. 

Selanjutnya rakor antara Koni dan Pramuka dilanjutkan oleh Sekretaris Dispora Heri Susanto, SH. Menurut Sekdin  di Dispora membentuk Tim Verifikasi untuk menyamakan persepsi dalam hal penggunaan anggaran sesuai dengan aturan keuangan di pemkab Lumajang. Manakala ada temuan  kita pecahkan bersama-sama dalam forum ini dan ada alasan yang sesuai, kilah Sekdin. Ada beberapa hasil paparan baik dari koni maupun pramuka yang menjadi catatan dari Tim verifikasi Dispora seperti perjalanan dinas luar daerah, keberadaan status  mobil dinas yang berada di koni dsb. Menurut waketum Koni Bambang Budi Kamulyan menjelaskan bahwa Koni didalam melaksanakan tugas luar daerah tidak lain adalah studi banding tentang pelaksanaan Porprov baik ke daerah Tuban maupun Lamongan sebagai tuan rumah pembukaan dan tuan rumah penutupan PORPROV 2019 kemarin. Dan untuk mobil dinas dari Pemkab rencana dari 2 tahun yang lalu hendak diberikan bekas mobil untuk operasional kegiatan Koni. Karena melihat kondisi mobil dan juga biaya untuk perbaikan suku cadang perawatan dan sebagainya sehingga pemberian dari pemkab pihak koni belum bisa menerima. Toh itu pemakaiannya untuk semua cabor yang melaksanakan even ke luar daerah. Dan menurut catatan dari Sekretaris Koni Agus Samian bahwa selama tahun 2019 pemakaian mobil operasional Koni tercatat sudah 29 kali dipakai cabor-cabor berarti kegiatan ini sungguh padat pemakaiannya. Ditambahkan waketum Koni Bambang Budi Kamulyan bahwa Koni juga belajar baik dari Dispora maupun koni Kabupaten Kota yang lain di Jawa Timur terkait baik operasional itu tidak ada perbup maupun aturan yang baku sebagai acuan kami di koni . Sehingga acuan kami pada Perpres 16 tahun 2018 terkait dengan pengadaan langsung, penunjukan langsung maupun lelang. Kami melkukan monitoring ke daerah untuk diskusi tentang banyak hal yang menyangkut pembinaan atlet di daerah, sarana prasarana dan beberapa hal  yang terkait dengan pembinaan atlet dan pelatih di daerah , kilahnya. Dan sebagai konsekwensinya Dispora tetap menjalankan prosedur meminta laporan secara tertulis sekaligus jawaban dari koni maupun pramuka tentang hal-hal yang harus di jawab sebagai keadaan yang riil di lapangan. Dan hari senin laporan sudah harus masuk di Dispora dan selanjutnya untuk dibuatkan telaahan staf sebagai jawaban. (dispora-lmj/ns).          

Banyak Dibaca





RAKOR PERSIAPAN POPKAB
29 Januari 2020 1167 kali Baca...
CANDIL IX PENUTUP HARJALU 764.
30 Desember 2019 759 kali Baca...
MESKI PANDEMI TETAP BERAKSI
12 Agustus 2020 450 kali Baca...
TOT INSTRUKTUR SENAM BAGI OPD
22 Januari 2021 384 kali Baca...
MELAYANG DARI GUNUNG WAYANG
21 September 2020 383 kali Baca...
LUMAJANG RAIH PRESTASI GEMILANG
03 November 2020 357 kali Baca...
SAYURKU HIJAU, KANTORKU SEGAR.
11 September 2020 279 kali Baca...
BUNDA INDAH SAMBANGI DISPORA
26 Maret 2021 266 kali Baca...
LOMBA AGUSTUSAN ANTAR ASN
28 Agustus 2020 232 kali Baca...