Dinas Pemuda dan Olahraga

03 September 2020   24 kali  
ASRIAFI ATH THAARIQ JUARA UTAMA PEMUDA PELOPOR JAWA TIMUR.
ASRIAFI ATH THAARIQ JUARA UTAMA PEMUDA PELOPOR JAWA TIMUR.

Ditengah kondisi melawan pandemi covid-19 yang melanda semua negara didunia termasuk Indonesia. Tidak menghentikan langkah anak  negeri untuk berkreasi, berinovasi dan bahkan terobosan ide- ide baru untuk di aplikasikan menjadi sebuah karya yang berguna bagi masyarakat. Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lunajang yang menampung dan menjembatani karya cipta generasi muda kabupaten Lumajang dari pelbagai bidang ilmu melalui forum program  penjaringan pemuda pelopor di kabupaten Lumajang. Agenda rutin tahunan provinsi Jawa Timur tahun 2020 sempat tertunda pelaksanaannya. Namun dengan keadaan yang ada saat ini pelaksanaan penjaringan pemuda pelopor tingkat Jawa Timur tetap terlaksana dengan cara virtual pada tanggal 22/8/'20 yang diikuti beberapa daerah kabupaten/ kota di Jawa Timur. Dari 7 peserta yang  mengikuti tes 2 orang pemuda pelopor kab. Lumajang yang dinyatakan lolos tes dan melaju pada tahap tinjau lapangan ( fact finding ) oleh Tim penguji Juri fact finding Pemuda Pelopor Prov Jatim sebanyak 3 orang yakni saudari Dini Utami Dewi, SS. M.Sos, Ekandi Subandono dan Lia Putrinda pada tanggal 27 agustus 2020 untuk bidang pengelolaan sumber daya alam. Lingkungan dan masyarakat yang dalam hal ini di pelopori pemuda asal Jl. Kalimas RT/ RW: 001/013 Suko - Rogotrunan Lumajang atas nama Asriafi Ath Tha'ariq. Ath Tha'ariq ini memiliki gagasan dengan membenahi lingkungan sebutan PROVOKATOR LINGKUNGAN dengan kegiatan :

1. Pengelolaan sampah (pemilahan, komposter, pengurangan sampah khususnya plastik dan bang sampah)

2. Menabung Air ( pembuatan biopori, sumur resapan, pemanen air hujan )

3. Pemanfaatan lahan pekarangan (penanaman tanaman pangan dan toga)

4. Jalur & sarana kebencanaa

5. PHBS (pojok air minum & cuci tangan sepanjang lingkungan, jumantik).

Menurut Kabid Kepemudaan Dispora Kab. Lumajang Hindam Adri Abadan, S.IP pagi ini di ruang kerjanya bahwa setelah Fact Finding oleh Tim penguji Pemuda Pelopor Provinsi bahwa Asriafi Ath Tha’ariq untuk mewakili Jatim mengikuti seleksi  Pemuda Pelopor di tingkat Nasional. Masih ada beberapa hal yang harus dibenahi karena bentuknya proposal dan tes melalui virtual sehingga ada yang kurang seperti kurangnya foto kegiatan, dokumentasi juga bentuk video yang diharapkan oleh Provinsi, untuk hari ini kekurangan ini akan segera dipenuhi untuk keperluan lebih lanjut, ujar Hindam. Kabupaten Lumajang juga meraih juara dua pada bidang Inovasi Teknologi yang diraih oleh Wardatul Jannah pemudi asal dusun Krajan Kulon Rt/Rw. 006/001 desa Selok Besuki Kab. Lumajang. Wardah ini Sejak 2016 - sekarang, mempromosikan dan membranding UMKM Lumajang, pelaku seni, lembaga sosial masyarakat, dan pergerakan sosial masyarakat dengan menggunakan media audio visual.2018 branding acara makaryo bhakti untuk mementaskan kesenian Lumajang di Festival luma gunung Magelang.

Untuk tahun 2020 pemilihan Pemuda Pelopor Jawa Timur meliputi 5 bidang yang di lombakan yaitu : bidang Pendidikan, bidang Agama, Sosial dan budaya, bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, bidang Pangan dan bidang Inovasi Teknologi. Lebih lanjut kasi Pengembangan Pemuda Eko Yuli Susilowati mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Lumajang untuk berpartisipasi turut serta mendukung kegiatan pemuda kabupaten Lumajang  Asriafi Ath Tha’ariq  untuk melaju ke tingkat Nasional. (dispora-lmj/ns).

Banyak Dibaca



RAKOR PERSIAPAN POPKAB
29 Januari 2020 219 kali Baca...

CANDIL IX PENUTUP HARJALU 764.
30 Desember 2019 177 kali Baca...

MESKI PANDEMI TETAP BERAKSI
12 Agustus 2020 15 kali Baca...
LOMBA AGUSTUSAN ANTAR ASN
28 Agustus 2020 15 kali Baca...
SAYURKU HIJAU, KANTORKU SEGAR.
11 September 2020 11 kali Baca...
MELAYANG DARI GUNUNG WAYANG
21 September 2020 6 kali Baca...