Dinas Pemuda dan Olahraga

27 September 2023   148 kali  
Dispora Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Bentuk LJJS
Dispora Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Bentuk LJJS

Dalam rangka memperkuat bidang kepemudaan, Dispora Kabupaten Lumajang tidak hanya fokus pada pembinaan prestasi olahraga, tetapi juga melibatkan diri dalam pembinaan yang lebih luas. Pembinaan kepemudaan merupakan upaya untuk mengembangkan nilai moral dan kemanusiaan yang memiliki dampak pada lingkungan sekitar serta masyarakat luas.

Dalam menghadapi perkembangan dinamis dunia informasi dan komunikasi, Dispora Kabupaten Lumajang telah merespons dengan program Pelatihan Jurnalistik Pemuda Lumajang 2023. Pelatihan ini diselenggarakan di lantai 2 kantor Dispora Lumajang pada tanggal 26 September 2023. Acara tersebut dibuka oleh Kadispora, Nurman Riyadi, S.Pi, yang didampingi oleh Kabid Kepemudaan, Bekti Sawiji, M.Pd.

Pelatihan ini diikuti oleh pemuda dari berbagai sekolah menengah atas, perguruan tinggi, dan komunitas pemuda seperti Gatra, Komunitas Pemuda Antar Gereja (KPAG), Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN), Pemuda Muhamadiyah, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Kwarcab Pramuka Lumajang. Mereka mengikuti pelatihan ini untuk memahami pentingnya etika jurnalisme, khususnya dalam konteks media sosial yang semakin berkembang.

Kadispora berharap bahwa melalui pelatihan ini, peserta dapat menjadi kontributor berita yang berkualitas, terutama dalam konteks kepemudaan. Saat ini, siapa pun dapat berbagi informasi dengan mudah, dan oleh karena itu, penting untuk memberikan informasi yang benar dan akurat. Melalui forum ini, peserta diharapkan dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini dengan sungguh-sungguh.

Selanjutnya, Bekti Sawiji, Kabid Kepemudaan, yang juga merupakan mantan Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfo Lumajang, berbicara tentang pentingnya data dan informasi yang berkaitan dengan masyarakat Lumajang. Hal ini mendorong ide pelaksanaan LJJS, yang akan menghasilkan video berita dan bahkan memiliki portal berita khusus. Proses ini dimulai dengan kompakkan personil yang ada, dengan fokus pada tugas-tugas yang harus segera dijalankan.

Dalam kesempatan itu dibentuk pula komunitas baru yaitu LJJS. LJJS adalah singkatan dari Lumajang Junior Journalist Squad atau Tim Jurnalis Pemuda Lumajang. LJJS ini merupakah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberdayakan pemuda Lumajang dalam dunia jurnalisme. Tim ini terdiri dari pemuda berbakat dengan minat dalam jurnalisme yang berkomitmen untuk menjadi pembuat berita, bukan hanya konsumen berita.

Pemuda dalam LJJS akan terlibat dalam semua tahapan produksi berita, termasuk pengumpulan informasi, wawancara, pengambilan gambar, penyusunan cerita, pengeditan video, dan publikasi. Inisiatif ini memberikan kesempatan langka bagi pemuda untuk belajar, berpartisipasi, dan memiliki suara dalam isu-isu yang relevan bagi pemuda dan masyarakat Lumajang (dispora-lmj/ns).

 

Banyak Dibaca





RAKOR PERSIAPAN POPKAB
29 Januari 2020 1338 kali Baca...
CANDIL IX PENUTUP HARJALU 764.
30 Desember 2019 902 kali Baca...
MESKI PANDEMI TETAP BERAKSI
12 Agustus 2020 629 kali Baca...
TOT INSTRUKTUR SENAM BAGI OPD
22 Januari 2021 589 kali Baca...
MELAYANG DARI GUNUNG WAYANG
21 September 2020 530 kali Baca...
LUMAJANG RAIH PRESTASI GEMILANG
03 November 2020 502 kali Baca...
BUNDA INDAH SAMBANGI DISPORA
26 Maret 2021 474 kali Baca...
SAYURKU HIJAU, KANTORKU SEGAR.
11 September 2020 403 kali Baca...
LOMBA AGUSTUSAN ANTAR ASN
28 Agustus 2020 347 kali Baca...